Tips Ngasal Blogger Pemula

image
Gambar diambil dari zenzuhaini.blogspot.co.id Ayo kunjungin juga blognya, ya 😉

Aku bikin blog dari tahun 2008, sejak aku mulai aktif make internet. Telat banget, ya? Biarin deh, udah biasa. Nggak masalah bagaimana kita memulai sesuatu, yang penting bagaimana kita mau berproses dan menyelesaikannya sampai selesai. Itu motto ku, sih. Walaupun, secara sempurna masih banyak perlu perbaikan.

Ceritanya, aku update beberapa tulisan di dalamnya. Abis itu, tanpa sadar, blog itu tiba-tiba udah lumutan karena kelupaan bertahun-tahun. Pas nyadar, nyesel sendiri. Trus, tahun 2011, berencana mulai lagi. Mulailah kontennya diperbarui, isi-isinya ada yang dibuang karena, tahulah, dinamika manusia itu luar biasa. Aku di masa depan ternyata kurang setuju dengan diriku di masa lalu. Dan, setelah beberapa hari getol posting tulisan (fokus sama tulisan sok serius gitu, deh), tiba-tiba inspirasi hilang. Beberapa hari, beberapa bulan, dan sampai tahun 2014, itu blog terbengkalai lagi.

Sama seperti novel-novelku. Udah bikin draft, beberapa bab, trus ditinggalin ^^;

Sampai akhirnya, aku bikin resolusi baru. Nggak perlu indah-indah atau serius banget, yang penting blognya hidup dulu, deh. Ngebayang deh, sekarang di follow belasan orang aja hepi banget (ilustrasi bagaimana menyedihkannya kehidupan blogku dulu). Jadi, berdasarkan pengalaman pribadi, ini cara membuat blog kita tetap hidup :

1. Konsistensi aja dulu

Kayak yang aku bilang di atas. Kalau tulisan serius-serius yang butuh narasumber segudang itu menyulitkan, ya udah, kita nggak usah fokus ke situ dulu. Yang penting satu artikel per hari. Ini aja buatku susah banget, lho! Kemaren sempet blog sebulan nganggur ^^;
Idealisme emang bagus, tapi konsistensi itu bisa menjaga kita disiplin menjaga apapun keyakinan yang kita pegang. Nanti kalau udah ada waktu, tenaga (memeras otak itu capek, lho!) dan inspirasi, ayo kita beridealisme dalam menulis. Itu juga penting!

2. Simpan tulisan di draft

Kalau yang namanya penulis tuh, kalau lagi dapet inspirasi, tulisannya bisa banyak banget sehari aja. Nah, kalau lagi begitu, semangatlah menulis, tapi stop! Jangan buru-buru publish dulu ke khalayak ramai. Publish satu, trus simpen lainnya di draft. Inget-inget buat posting besok. Jadi, kita selalu punya cadangan buat posting sehari sekali. Konsisten dulu, karena pola pikir terbentuk dari pola kebiasaan.

3. Make it fun!

Oh, tulisan itu bisa jadi sangat membosankan, bahkan buat kita yang cinta banget menulis. Namanya juga duduk di depan laptop, atau mobile computing atau apalah itu, berhadapan dengan huruf-huruf monoton, tiap hari? Kalau ada yang nggak bosen dengan itu, blessed you! Artinya, kamu dapet hidayah dari Tuhan, dan syukurlah! Buat yang bosen, maka bersenang-senanglah dengan blog. Daripada tulisan, sekali-kali posting foto narsis (buat yang suka selfie), atau ngutak-ngatik tampilan blog, atau sekadar posting tulisan yang nggak banget. Konyol juga kalau itu bagian dari diri kita, itu harus diterima, and it should be fun!

4. Jadi follower

Lah kok, malah jadi follower? Bukannya, kebalikan? Harusnya kita yang nyari follower? Dulu, aku mikirnya juga gitu. Sekarang, aku mikir, sombong amat ya??? Kesannya kita mau dihargai orang, tapi nggak mau mulai duluan menghargai orang. Ya jelas, mental. Well, kalau blognya berguna banget, pastinya dicari orang, kita nggak perlu ngapa-ngapain. Kalau blognya curhat atau nggak jelas kayak blogku ini, mana mau deh, orang follow begitu aja? ^^; Kalau kita jadi follower, rajin komen yang bermanfaat (bukan cuma ‘nyimak’ atau numpang jejak doang, ya orang juga males.

5. SEO

Nggak perlu! Karena ribet (please jangan ditiru!) Mestinya sih, kalau blog kita menarik, bermanfaat, orang pasti suka aja. Dan selalu, mouth-to-mouth ads itu paling efektif mempromosikan sesuatu. Makanya kan, sekarang orang pakai trolls buat menjaring one-click-monkey. Atau apalah itu istilahnya, pernah denger, tapi lupa mulu. Penting apa mereka???

Ini sekilas tips-tips buat blogger pemula dar blogger pemula juga. Makanya, kalau masih ngaco, itu karena aku juga masih belajar. Belajarlah, tiap hari. Asah otak kita biar nggak karatan, daripada nanti dipoles pake yang nggak-nggak sama politikus payah di atas itu!

Tulisan kedua yang pure dari mobile computing! Yeah, another winning for me! (Kalau nggak ngerti kenapa aku seneng cuma gara-gara ini, yah maklum aja ya, kemenangan itu sifatnya personal banget soalnya ^^)

Advertisements

2 thoughts on “Tips Ngasal Blogger Pemula”

    1. Beberapa artikel sih (kayaknya, aku lupa haha) masih ada di laptop. Tapi, kan ada posting2 alay gitu. Kalau begituan mah buang aja, bikin malu haha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s