Belajar Berjuang

smiley_blanton_unschooling_meme

 

 

Ini sebenernya pernah diposting di blog ini versi jadul. Tapi, karena aku mau rombak besar-besaran untuk memulai hidup baru (halaaaahhh) bersama blog yang ini. Nggak mau pindah ke lain hati gitu ceritanya! Akhirnya, posting-posting zaman dulu kuhapus, tapi fotonya nggak. Ada juga beberapa tulisan yang masih kusimpen, karena terlalu sayang buat ngebuang itu.

Nah, kalau ini, adalah dokumentasi tentang perjuangan. Pahlawan? Yang pasti bukan pahlawan nasional semacam MH. Thamrin dkk, bukan pahlawan daerah macam Tuanku Imam Bonjol atau Pattimura.

Justru, ini dokumentasi perjuangan anak bayi! Kejadiannya pas di tanggal 17 Agustus 2011. Artinya, Tombo usianya 3 tahun. Ini tengah malem lho, harap dicatat! Dan dia seger kayak kucing abis dimandiin. Melek gede gitu matanya, keliatan, kan?

100_0596 e

 

Ini ceritanya dia dari telentang. Tapi, aku rada telat ngedokumentasiinnya. Soalnya, sibuk merhatiin.

Kalau ada orang lain ngeliat, kali aku disangka emak tega kali, ya. Ini anak mati-matian ngebalikin badan sambil kesel-keselan gitu. Mengerang-ngerang nggak jelas.

 

Tapi, aku mikir-mikir. Dia kan lagi berjuang, masa perjuangannya kupatahkan cuma gara-gara empati yang nggak ada dasarnya, sih? Toh, posisinya nggak lagi bahaya. Jadi, aku biarin dia berjuang.

Pertama-tama, dia ngebalikin badan. Tahap ini nggak terlalu susah. Masalahnya timbul waktu ia harus ngebetulin posisinya. Cari posisi nyaman.

100_0594 e

 

Lihat, di sini tangannya kejepit. Dia udah kesel banget, sampe hampir mau nangis gitu. Aku mulai nggak tega, tapi nahan diri. Ayo, berjuang, Nak!

Aku beneran ngomong sama anak bayi ini, lho! Ayo, Tombo! You can do it! Begitu terus. Jangan tanya dia ngarti apa nggak, ya. Pokoknya aku ngomong aja terus.

 

Ini butuh waktu berapa lama, ya? Aku kira-kira sih, hampir 10 atau 15 menitan. Yang, mungkin buat bayi, yang biasa diladenin, itu waktu yang lumayan lama, kan?

 

100_0598 e

Ini berjuang banget dia buat benerin posisi tangannya. Udah lumayan lama, sampai akhirnya, yaaaah, mungkin lemah2nya cewek kali, ya. Haha. Akhirnya, aku tarik dikit tangannya, biar keluar begini.

I mean, dia udah berjuang lama dan kupikir itu lebih dari cukup.

 

Bagaimanapun, anak seumur 3 bulan itu harus merasakan saat-saat terbahagianya. Jadi, nggak usah terlalu dipaksa. (Eh, apa aku udah maksa dari awal, ya? Hehe…)

Daaaaaannn……

 

100_0600 e
AKHIRNYAAA!!! BISA JUGA!!!

Dan ini pertama kalinya Tombo tengkurap dengan usaha sendiri. Masih curang dikit dibantu dikit, ya. Tapi, cuma dikiiiiittt, kok!

Selamat hari kemerdekaan! Selamat hari perjuangan! (Ssstt, biar late post dan ini bukan hari kemerdekaan, biarlah, ya!) Ini anak kayaknya bakalan jadi anak nasionalis, soalnya berjuang aja mesti di hari kemerdekaan!

Kalau yang namanya abis berjuang, abis itu boleh dong, nyantai-nyantai… Sambil nikmatin hadiah paling asik…

100_0597 e

 

Ngemut jari! Maaf ya Mbo, belom boleh umur segitu ngemut permen, jadi apa yang ada aja dulu, deh… (^_-)v

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s